Minggu, 21 April 2013

Limit YouTube Dengan Layer7 Protocols Mikrotik

Limit YouTube Dengan Layer7 Protocols Mikrotik

Dalam kesempatan kali ini saya akan menulis sekaligus menanggapi pertanyaan dari client saya yang mempertanyakan bagaimana cara limit youtube dengan mikrotik. Sesuai judulnya saya akan membahas limit youtube menggunakan layer7 protocols mikrotik.
Langsung saja pada pokok masalah sebagai berikut :
  1. Masuk ke sistem mikrotik menggunakan winbox kemudian pilih IP > Firewall, pada jendela Firewall pilih tab Layer7 Protocols, kemudian tambahkan New Firewall L7 Protocols, selanjutnya isikan name dengan YOUTUBE atau dengan nama lain. Selanjutnya pastekan script dibawah ini kedalam Regexp kemudian klik OK http/(0\.9|1\.0|1\.1)[\x09-\x0d ][1-5][0-9][0-9][\x09-\x0d -~]*(content-type: video)
    Perhatikan gambar di bawah ini
    mikrotik_youtube_2
  2. Masih pada jendela Firewall kemudian pilih tab Mangle lanjutkan klik tanda plus merah selanjutnya ikuti settingan seperti gambar berikut ini :
    mikrotik_youtube_3
  3. Kemudian pada tab Advanced pilih Layer7 Protocols kemuddian pilih YOUTUBE yang telah kita buat pada point pertama
    mikrotik_youtube_4
  4. Pada tab Action pilih mark packet, pada pilihan New Packet Mark isikan dengan nama limit-youtube kemudian klik OK, berikut gambar dib bawah ini :
    mikrotik_youtube_5
  5. Langkah terakhir pilih Queues kemudian pilih tab Simple Queues pilih tanda plus merah selanjutnya ikuti gambar dibawah ini
    mikrotik_youtube_6
    mikrotik_youtube_7
Setelah proses setting diatas lakukan uji coba dengan membuka youtube dan lihat hasilnya yang kurang lebih seperti gambar dibawah ini :
mikrotik_youtube_1
Sampai disini artikel ini, semoga bermanfaat dan Wassalam.

Tidak ada komentar:

Total Tayangan

Banner1